Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesia Produsen Kopi Nomor 3 di Dunia

Indonesia Produsen Kopi Nomor 3 di Dunia



Indonesia Produsen Kopi Nomor 3 di Dunia  . Anda pencinta kopi? Minuman berkafein tinggi ini memang digemari banyak orang. Kopi tersedia dimana saja, mulai dari warung kopi pinggir jalan sampai di kafe mewah yang membandrol secangkir kopi sampai ratusan ribu, namun minuman berwarna pekat hitam ini masih tetap dicari dan disukai.
Indonesia harus bangga punya kopi yang diakui dan terkenal di dunia. Rasa dan aromanya yang khas menjadi satu ciri kopi Indonesia berkualitas baik. Yang menggembirakan lagi berdasarkan data dari Indonesia Coffe Festival (ICF) kini Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai produsen kopi terbesar di dunia. Posisi pertama masih dipegang oleh Brazil yang membuktikan kopi produksinya masih tetap yang terbaik dan nomor satu di dunia.
Disampaikan Direktur ICF Ellyanthi Tambunan, persaingan kopi harus diwaspadai, pasalnya persaingan komoditi ekspor semakin ketat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya negara yang mulai menjual murah produknya. “Sekarang Vietnam mau rebut posisi, karena menghasilkan kopi dan menjualnya murah. Itu persaingan komoditi ekspor,” paparnya.
Berdasarkan data ICF, Indonesia mampu  menghasilkan kopi Robusta terbanyak yaitu sekitar 85 persen, dan kopi Arabika sekitar 15 persen. Untuk dua jenis kopi itu saja Indonesia telah memproduksi 600.000 ton per tahun, yang dipanen dari 1,3 juta hektar kebun rakyat yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. “Dengan angka produksi itu, Indonesia sudah menyuplai tujuh persen dari produksi kopi dunia,” katanya.
ICF ingin menjadikan Indonesia sebagai kiblat kopi dunia, untuk itu Festival Kopi Indonesia (ICF) akan digelar pada 15-16 September mendatang di Ubud, Bali. Festival kedua ini juga akan bekerja sama dan melibatkan Kemenperakraf dengan Pemkab Gianyar, Kerajaan Ubud, Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, Komunitas Kopi, dan Blogger Kopi.
Tidak hanya ingin mengarahkan kiblat kopi dunia ke Indonesia saja, tapi ICF juga turut mempromosikan agrowisata kopi sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan, dan juga berniat mengembangkan kuliner Indonesia sebagai gaya hidup menjadi bagian dari ekonomi kreatif.
Berdasarkan data yang dicatat ICF, setiap harinya para pencinta kopi di dunia menyeduh sekitar 100 miliar cangkir atau sekitar 165,9 ton. Di Indonesia sendiri membutuhkan kopi sekitar 121.107 ton per tahun.

Sumber: http://kabarinews.com/indonesia-produsen-kopi-nomor-3-di-dunia/48500

Baca Juga :
- Kini Indonesia Punya Tempe Berstandar Internasional
- Daerah Khusus Bisnis untuk Bitung dan Palu
- Babi, kenapa Islam Mengharamkannya?