Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modus Penipuan Kontrakan Rumah di OLX

Foto oleh Anna Tarazevich dari Pexels

  Pada postinggan ini saya ingin sharing pengalaman tentang modus penipuan kontrakan rumah, yang saya ketahui modus ini bukanlah hal yang baru, tetapi sudah pernah ada di beberapa tahun kebelakang (bisa cek di google).

Awalnya saya mencari kontrakan rumah di bandung dengan menggunakan platform OLX, dan melihat sebuah postingan yang cukup menarik, akhirnya saya meluncur ke TKP untuk survey lingkungan sekitar rumah kontrakan yang ditawarkan tersebut (tanpa ketemuan dengan si pelaku).

 

Gambar1

Ketika sesampainya dilokasi / sudah kembali pulang ke rumah (lupa) saya merasa ada yang aneh gimana gitu, dengan harga segitu bisa ngontrak rumah itu + dilingkungan yang bagus lagi.

 Singkat cerita akhirnya saya minat dan memutuskan untuk janjian ketemu dilokasi untuk survey daleman rumahnya, nah si pelaku ini menjalankan aksinya dengan ngomong kalo ada orang lain yang juga abis survey2.

Singkat cerita si pelaku nge wa saya untuk memberitahu bahwasanya ada orang yang mau DP rumah itu dengan memberikan bukti SS percakapan WA dan ini menurut saya adalah percakapan fiktif.

Si pelaku maunya menawarkan terlebih dahulu ke saya dibanding orang lain dengan menyuruh saya bayar DP, nah disinilah saya mulai curiga. Saya memilih untuk bayar DP secara langsung / ketemuan, si pelaku alasannya gak bisa kesana karena sedang rapat di kantor (ngirim foto kyk lagi rapat gitu wkwk). 

Saya "hayuk-in" dengan nyamperin ke kantornya, eh cuman dianya menolak wkwkw

Gambar2

Alhasil intinya dia bilang mau dikasihin aja ke orang lain, cuman saya iseng mastiin pake wa nya istri untuk nanyain rumah, eh gak taunya dijawab masih ada wkwkw.

Malemnya kalo gak salah itu akun si pelaku di OLX udh di non-aktifkan, dan muncul notif peringatan hati-hati gitu (entah ada yang laporin apa gimana).

 Setelah si pelaku ketauan mau nipu, akhirnya dia ngeblok nomer saya, alhamdulillah sebelumnya saya udah "mancing" dia supaya ngeshare nomer rekeningnya, jadi buat kalian-kalian yang datang kesini gara-gara nyari nomer rekening tersebut digoogle, berhati-hatilah! 


Berikut adalah data-data si penipu:

Rekening Penipu: BRI 074801011593539 SITI FATIMAH / BRI.074801011593539.FATIMAH

Nomer Whatsapp: +62 858-4660-0501 / 085846600501 (Feeling saya kalo nomer wa nya terus-terusan bakalan ganti)

Nama akun yang digunakan: tieya


Ciri-Ciri Penipu Online di OLX:

1. Nama yang tercantum di akun dengan nama rekening biasanya berbeda (cek gambar1)

2. Akun yang dipakai untuk jualan biasanya masih baru-baru dibuat (cek gambar1)

3. Harga yang ditawarkan biasanya murah dan membuat kita harus buru-buru DP / transfer ke dia

4. Gak mau di ajak COD / ketemuan (cek gambar2)

5. Dll yang mencurigakan

Mungkin kapan-kapan saya akan membuat satu postingan yang isinya ciri-ciri modus penipuan online berdasarkan pengalaman pribadi kali ya, semoga.

 Itu aja mungkin sharing pengalaman saya, semoga kalian-kalian yang baca postingan ini bisa lebih berhati-hati lagi jika bertransaksi baik offline maupun online, jika ada pengalaman-pengalaman yang sama bisa sharing-sharing ya di kolom komentar. 

Semoga bermanfaat. Terimakasih

2 komentar untuk "Modus Penipuan Kontrakan Rumah di OLX"

  1. BANK BRI
    A/N TANRI SAPUTRA
    NO REK : 0098 0102 6834 539
    Saya barusan ketipu di seaa rumah ilx. Percis bgt ceritanya.
    Itu norek pelaku.
    Rumah sewa daerah jaksel, tp ternyata rekening bandar lampung. Bodohnya saya ga cek detail dulu

    BalasHapus
  2. wah saya hampir aja kena barusan, di jagakarsa, 30 juta, jalan lebar, too good to be true, diajak survey ngeles terus

    BalasHapus